Home » » Instalasi jaringan P2P (Peer To Peer) Pada windows 7

Instalasi jaringan P2P (Peer To Peer) Pada windows 7

Unknown | 08.04 | 0 comments



11. Sediakan kabel cross yaitu kabel untuk membuat jaringan Peer To Peer.
22.Pastikan diantara dua computer sudah saling terhubung dengan kabel UTP, atau adanya tanda koneksi seperti pada gambar dibawah ini. Dengan cara masuk ke jendela control Panel kemudian pilih Network And Sharing Center.




13.  Kemudian Setting IP computer workstation masing-masing dengan cara  :
·      Klik pada Local Area Connection yang ada di Network And Sharing Center kemudian akan muncul jendela Local Area Connection Properties lalu klik 2 kali pada Internet Protocol Version 4(TCP/IP4)


·         Setelah itu akan muncul jendela Internet Protocol Version 4(TCP/IP) Properties, dan pilih  Use the following Addres
·         Isikan IP address dan Subnet Mask
Contohnya :
 Kami mencontohkan IP Address Class C /30 yaitu : IP 193.193.193.253 dan Subnet Mask 255.255.255.252


 
·         Lalu setting pada komputer yang lain dengan IP Address kelas C yang sama, akan tetapi bedakan pada penomoran alamat untuk komputer-komputer yang lain (seperti 193.193.193.254) Subnet Mask tetap sama.
·         Kemudian Klik Ok
·         Kemudian test koneksinya melalui Command Fromp dengan cara mengetikkan IP yang ingin di lihat Koneksinya contohya : Ping 193.193.193.254 lalu tekan Enter 
·        Jika koneksinya sukses akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

                       
·        Dan jika koneksinya gagal maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

                         

44. Untuk melalukan sharing kita harus menonaktifkan windows firewall dan Password Protect pada windows 7 dengan cara :
v Cara Menonaktifkan windows Firewall
·         masuk kejendela Control Panel lalu pilih Windows firewall

·      Kemudian akan muncul jendela Help protect Your Computer With Eindows Firewall lalu pilih Turn Windows Firewall On or Off,


·        Lalu akan muncul jendela Costomize Setting For Each Type Of Network dan pilih Turn Off Windows Firewall (Not Recommended) seperti pada gambar, lalu klik OK.

v Cara Menonaktifkan windows Password Protect pada windows 7

·    masuk kejendela Control Panel lalu pilih Network And Sharing Center sama seperti yang saya jelaskan diatas, setelah masuk jendela Network And Sharing Center Lalu Pilih  Change Advanced Sharing Settings yang ada di sudut kiri seperti pada gambar.

Kemudian akan muncul jendela Change sharing option for different network profile, kemudian ceklis pada Trun off password protected sharing seperti pada gambar lalu klik save changes.

1             Setelah itu kita bias melakukan sharing dan mapping Folder yang kita inginkan dengan cara :
v  Cara Sharing Folder
· Klik kanan pada folder yang akan di sharing lalu pilih tab sharing, kemudian pilih sharing seperti yang ada pada gambar.

·         Setelah itu akan muncul jendela file sharing, lalu pada choose people to share with pilih every one kemudian klik add kemudian tekan share seperti yang ada pada gambar.
·         Setelah itu akan muncul jendela Your Folder is shared kemudian klik Done.

  • Untuk melihat File folder yang sudah di sharing dari computer lain bisa dengan cara menekan windows             + R  yang ada pada keyboard lalu akan muncul jendela Run lalu ketikkan IP Address yang sudah menyeringkan file foldernya dengan diawali tanda “\\” tanpa kutip. Contohnya : \\193.193.193.254 lalu tekan Enter atau klik OK.


·      Setelah itu akan muncul jendela folder yang di sharing seperti pada gambar di bawah ini ya .. hehee

v  Cara Mapping Drive
·         Klik kanan pada My Computer Kemudian Pilih Map Network Drive kemudian akan muncul jendela Map Network Drive lalu pilih Browser kemudian pilih name computer yang terkoneksi jaringan peer to peer setelah itu pilih folder yang akan di mapping setelah itu klik Ok seperti pada gambar di bawah ini.

·        ·         Jika sudah bisa mapping bearti percobaan anda telah berhasil dan jika belum bias di ulang kembali. Selamat Mencoba Semoga Berhasil.. J



Komentar Anda :
Share this article :
 

Copyright © 2011. Rama BLog - All Rights Reserved
Template Trick-Collection Editing Full Template By Team Blogger